Minggu, 12 Juni 2016

Berdakwah di Era Teknologi Informasi

Gedung UMSU Medan Sumut. • Mediamuallaf.com
Oleh : Fadmin Prihatin Malau
Perintah berdakwah diantaranya terdapat di dalam Alqur'an. Surah Ali Imran ayat 110 yang artinya, ”Kami (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (Karena kamu), menyuruh, (berbuat) yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah merekalah orang-orang yang beruntung.
                
Hadist Nabi Muhammad SAW dari Abdullah bin Amir Ra. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya. “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat,” (HR.Bukhari) hadist memerintahkan kepada umat Islam untuk menyampaikan perkara agama dengan dasar bahwa agama Islam itu paling sempurna.
                
Firman Allah SWT dalam Alqu'an Surah Al-Maidah ayat 3 yang artinya, ”Pada hari ini telah kusempurnakan bagimu agamu dan telah kusempurnakan bagimu nikmat-Ku dan telah Aku ridhai Islam sebagai agama bagimu,”.
                
Sedangkan sabda Nabi Muhammad SAW yang mengatakan, ”Sampaikan dariku walau hanya satu ayat,” menurut Al Ma'afi An Nahrawani, agar setiap orang yang mendengar satu perkara dari Nabi Muhammad SAW bersegera sudah menyampaikannya meskipun hanya sedikit.
                
Bila dicermati 14 abad yang lalu masalah komunikasi informasi sudah dilaksanakan. Menyampaikan berarti menginformasikan. Setiap orang berarti setiap orang yang memiliki informasi segera menyampaikannya kepada orang lain agar segera tersambung dan tersampaikan.
                
Hari ini kita baru sadar bahwa era teknologi informasi merupakan penyempurnaan 14 abad yang lalu ketika Nabi Muhammad SAW menyampaikan firman Allah SWT selalu mengatakan, hendaklah yang hadir menyampaikan pada yang tidak hadir. Perintah Nabi Muhammad SAW ini dikenal dengan Tabligh atau menyampaikan ilmu dari Rasulullah SAW.
                
Menyampaikan dalil dari Alqur'an dan As Sunah, baik Sunnah yang berupa perkataan (qauliyah), perbuatan (amaliyah), maupun persetujuan (taqri-riyah) dan segala hal yang terkait dengan sifat dan akhlak mulia Nabi Muhammad SAW.
                
Berdakwah merupakan amal sholeh yang pahalanya tidak terbatas, karena dari setiap ilmu yang diajarkan disampaikan dan apabila diamalkan oleh orang yang menerima ajaran dan apa yang disampaikan akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang mengamalkan ilmu tersebut.
                
Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya, ”Barang siapa menunjukkan atas kebaikan maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya” (HR.Muslim).

Jejaring Sosial   
Era teknologi dan informasi sekarang ini melahirkan jejaring sosial yang sangat banyak. Menurut data terbaru ada sepuluh jejaring sosial yang populer di Indonesia yakni Fecebook, yang dibuat Mark Zuckerbeg situs paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia dengan pengguna sekitar jutaan orang. Penggunanya petani, pelajar, mahasiswa hingga presiden Indonesia dan di Indonesia penggunanya nomor 4 terbesar didunia setelah Amerika Serikat, Brazil dan India.
                
Kemudian Twitter pesaing jejaring sosial Facebook disukai masyarakat Indonesia dan menjadi terbesar nomor 5 di dunia. Jejaring sosial Path yang masih tergolong baru tetapi sudah disenangi masyarat Indonesia. Kelebihan Path penggunanya bisa menginformasikan melalu gambar foto serta video. Keunggulannya lagi pada desain bisa berbagi informasi kepada orang tertentu seperti keluarga dan teman. Data terakhir menunjukkan masyarakat Indonesia masuk nomor 5 pengguna Path terbesar di dunia.
                
Ada juga jejaring sosial Google Plus, ternyata di Indonesia Google Plus popular meski tidak sepopuler Facebook. Jejaring sosial Instagram yang didesain bisa penggunanya mengambil foto, lalu memposting keberbagai jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter.
                
Jenis jejaring sosial yang popular lainnya di Indonesia yakni Youtube, Line, Kaskus, Linkedin yang penggunanya hingga jutaan orang terutama para pebisnis dan pekerja professional. Terakhir yang ke sepuluh terpopuler jejaring sosial di Indonesia adalah Foursquare yang didesain bisa menginformasikan berbagai daerah atas lokasi ke teman-teman penggunanya.
                
Hampir semua jejaring sosial pada era teknologi informasi canggih sekarang ini sesuai dengan apa yang dikatakan Nabi Muhammad SAW 14 abad yang lalu ketika Nabi Muhammad SAW menyampaikan firman Allah SWT selalu mengatakan, hendaklah yang hadir menyampaikan pada yang tidak hadir.
                
Sistem kerjanya sama dengan apa yang dikatakan Nabi Muhammad SAW, menyampaikan pada yang tidak hadir. Artinya para pengguna jejaring sosial melakukan hal-hal yang diketahuinya untuk disampaikan kepada orang-orang yang dikenalnya maupun yang tidak dikenalnya. Menyampaikan apa yang didengarnya, diketahuinya kepada orang lain melalui alat komunikasi informasi canggih.
                
Perangkat jejaring sosial yang ada hari ini merupakan media informasi yang pada zaman Rasulullah Muhammad SAW para sahabat apa yang didengarnya, apa yang di lihatnya dari nabi Muhammad SAW dengan cara lisan atau bertemu dengan sahabatnya bertatap muka dengan sahabatnya face to face.

Berdakwah Perintah Allah SWT  
Setiap umat Islam wajib menyampaikan apa yang diketahuinya kepada sesama umat Islam. Berdakwah merupakan perintah Allah SWT yang setara dengan shalat dan ibadah lainnya. Hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya, ”Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat,” (HR.Bukhari) cukup jelas kewajiban dari setiap ummat Islam untuk berdakwah.
                
Apa yang diperintahkan Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya pada dasarnya dalam era teknologi informasi canggih sekarang mengisyaratkan apa yang dikatakan nabi Muhammad SAW itu. Perintah berdakwah dalam Alqur’an Surah Ali Imran ayat 110. Itu sangat jelas agar ada segolongan umat manusia ini yang menyeru kepada kebajikan menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar.
                
Segologan itu tentunya para ustad, ulama yang bertugas menyampaikan ajaran agama Islam. Namun perintah kewajiban buat semua umat Islam untuk menyampaikan apa yang diketahuinya, didengarnya dari para ustad, ulama untuk semua umat Islam, “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat,” sebagaimana Hadist Nabi Muhammad SAW itu sejalan, seiring,dengan perkembangan teknologi informasi yang melahirkan jejaring sosial di permukaan bumi ini.
                
Ternyata era teknologi informasi komunikasi canggih yang melahirkan berbagai perangkat alat komunikasi dengan desain yang memudahkan para penggunanya sesungguhnya implementasi dari apa yang diajarkan nabi Muhammad SAW 14 abad yang lalu. Sudah waktunya umat Islam berada pada barisan terdepan dalam informasi komunikasi canggih hari ini dan pada masa mendatang.
                
Sebab berdakwah sau kewajiban buat setiap Muslim dimana pun berada di bumi Allah SWT ini, tanpa terkecuali perintah berdakwah tidak mengenal waktu dan tempat maka kehadiran teknologi informasi canggih kini dengan adanya jejaring sosial mewujudkan perintah berdakwah yang tidak mengenal waktu dan tempat sebab teknologi informasi itu bisa melakukannya. Kini tinggal kita umat Islam, mau atau tidak melakukannya.

• Penulis adalah Dosen Fakultas Pertanian UMSU.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon